Syarat dan Ketentuan
PASAL 1 DEFINISI
Data Pribadi adalah data tentang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik.
Formulir Permohonan Pelanggan adalah formulir pendaftaran yang berisi data Pelanggan dalam hal akan berlangganan Layanan Baraya.Net melalui aplikasi Baraya.Net, dimana syarat-syarat dalam Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan mengikat bagi para pihak.
Gangguan adalah kejadian yang menyebabkan terganggunya penggunaan Layanan Baraya.Net yang disebabkan oleh masalah teknis pada Perangkat milik Baraya.Net.
Syarat dan Ketentuan Berlangganan adalah syarat dan ketentuan yang wajib dipatuhi oleh Pelanggan maupun Baraya.Net sehubungan dengan Layanan Baraya.Net berdasarkan permohonan berlangganan yang telah disetujui oleh Pelanggan.
Layanan Baraya.Net adalah produk internet yang diberikan oleh Baraya.Net kepada Pelanggan.
Pelanggan adalah perseorangan/individu yang menggunakan/berlangganan Layanan Baraya.Net dari Baraya.Net yang lokasi terminasi layanannya berada pada cakupan fiber optic milik Baraya.Net.
Perangkat Set Top Box (STB) adalah perangkat milik Baraya.Net yang digunakan untuk menonton tayangan pada BABARYAPLAY yang merupakan Add On dari Layanan Baraya.Net dan wajib dikembalikan pada Baraya.Net apabila berhenti berlangganan.
Perangkat Optical Network Termination/Modem (ONT/Modem) adalah perangkat milik Baraya.Net yang digunakan untuk mendukung access point WIFI (standard) dan wajib dikembalikan pada Baraya.Net apabila berhenti berlangganan.
Baraya.Net adalah PT Indonesia Comnets Plus sebagai penyelenggara telekomunikasi yang menyediakan Layanan Baraya.Net kepada Pelanggan.
PASAL 2 RUANG LINGKUP
Baraya.Net menyediakan Layanan Baraya.Net kepada Pelanggan dengan lokasi dan kapasitas sebagaimana tercantum dalam Formulir Permohonan Pelanggan dengan teknologi kecepatan dan bandwidth "up to" yang dapat digunakan oleh Pelanggan.
Layanan Baraya.Net dinyatakan aktif dan berlaku apabila Layanan Baraya.Net telah dilakukan instalasi pada hari kerja setelah Pelanggan mengisi Formulir Permohonan Pelanggan, yang kemudian dituangkan dalam Kontrak Berlangganan Baraya.Net yang ditandatangani oleh Baraya.Net dan Pelanggan.
Layanan Baraya.Net terdiri dari 1 (satu) akun Layanan Baraya.Net dan terdiri dari 1 (satu) akses internet broadband.
Layanan Baraya.Net digunakan untuk perseorangan dan untuk kepentingan Pelanggan sendiri, sehingga Pelanggan dilarang untuk menyambungkan Layanan Baraya.Net dengan jaringan telekomunikasi umum/jaringan lainnya atau untuk telekomunikasi secara ilegal yang melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
PASAL 3 JANGKA WAKTU BERLANGGANAN
Jangka waktu berlangganan Baraya.Net adalah minimal 12 (dua belas) bulan berturut-turut terhitung sejak tanggal ditandatanganinya Kontrak Berlangganan Baraya.Net.
Dalam hal Pelanggan bermaksud untuk memutus Layanan Baraya.Net, maka Pelanggan wajib mengajukan permohonan kepada Baraya.Net selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum tanggal pemutusan yang dikehendaki oleh Pelanggan.
Jangka waktu berlangganan akan diperpanjang secara otomatis sampai dengan adanya permintaan pemutusan dari Pelanggan.
PASAL 4 PEMBAYARAN
Atas penyediaan Layanan Baraya.Net oleh Baraya.Net sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini, Pelanggan akan dikenakan biaya instalasi (one time charge) dan biaya Layanan Baraya.Net (secara bulanan) sebagaimana tercantum dalam Formulir Permohonan Pelanggan selambat-lambatnya pada setiap tanggal jatuh tempo.
Semua bea dan pajak yang timbul sebagai akibat dari Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini menjadi tanggung jawab Pelanggan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Apabila Pelanggan melakukan pembatalan berlangganan Layanan Baraya.Net, maka:
- Jika pembatalan dilakukan setelah Pelanggan mengisi Formulir Permohonan Pelanggan dan sudah melakukan pembayaran biaya instalasi dan biaya Layanan Baraya.Net namun belum dilakukan aktivasi Layanan Baraya.Net oleh tim Baraya.Net, maka Pelanggan dapat mengajukan refund kepada Baraya.Net sesuai dengan ketentuan sebagaimana berlaku di lingkungan Baraya.Net.
- Jika pembatalan dilakukan setelah Pelanggan dilakukan aktivasi Layanan Baraya.Net dan/atau Layanan add On BABARYAPLAY oleh tim Baraya.Net, maka Pelanggan tidak dapat menarik kembali biaya instalasi dan biaya Layanan yang telah dibayarkan kepada Baraya.Net.
- Jika Pelanggan melakukan pembatalan Layanan Baraya.Net sebelum masa berlangganan berakhir, maka Pelanggan akan dikenakan biaya pembatalan berlangganan sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).
PASAL 5 HAK DAN KEWAJIBAN Baraya.Net
Berhak mendapatkan izin dari Pelanggan terhadap pegawai atau tenaga teknis dari Baraya.Net untuk memasuki wilayah milik Pelanggan guna melakukan instalasi, aktivasi, konfigurasi, pemeliharaan Layanan Baraya.Net dan/atau dismantle (pengambilan perangkat) Layanan Baraya.Net.
Berhak menyambungkan/mencabangkan saluran Layanan Baraya.Net kepada pihak ketiga lainnya tanpa mengganggu Layanan Baraya.Net yang dimanfaatkan oleh Pelanggan.
Berhak mendapatkan biaya perbaikan dan/atau ganti kerugian atas perangkat apabila terjadi kerusakan dan/atau kehilangan yang disebabkan oleh kelalaian Pelanggan.
Berhak melakukan "blacklist" pada Pelanggan yang tidak membayarkan denda pembatalan yang muncul dikarenakan Pelanggan berlangganan Layanan Baraya.Net kurang dari 12 (dua belas) bulan dan/atau Pelanggan yang tidak melakukan pembayaran biaya bulanan selama 90 (sembilan puluh) hari kalender dan/atau jika Pelanggan melakukan penjualan kembali/resale bandwidth Layanan Baraya.Net, pemindahan, perubahan atau penyalahgunaan apapun terhadap jaringan dan Layanan Baraya.Net yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku pada Baraya.Net.
Berhak memberikan dukungan teknis dan/atau non-teknis untuk Layanan Baraya.Net dari Baraya.Net yang dapat dihubungi selama 24 (dua puluh empat) jam per hari dan 7 (tujuh) hari per minggu melalui Aplikasi Baraya.Net+ / contact center 150678.
Wajib memberikan garansi penggantian perangkat dengan jangka waktu selama masa/periode berlangganan dan berlaku setelah Layanan Baraya.Net berstatus aktif. Garansi ini tidak berlaku jika kerusakan pada perangkat terjadi akibat kecelakaan dan/atau kelalaian yang disebabkan oleh Pelanggan.
Tidak bertanggung jawab secara hukum dan tidak menanggung kerugian atas penggunaan Layanan Baraya.Net oleh Pelanggan dan/atau penggunaan Layanan Baraya.Net yang melanggar ketentuan perundang-undangan.
PASAL 6 HAK DAN KEWAJIBAN PELANGGAN
Berhak memperoleh dukungan teknis dan/atau non-teknis untuk Layanan Baraya.Net dari Baraya.Net yang dapat dihubungi selama 24 (dua puluh empat) jam per hari dan 7 (tujuh) hari per minggu melalui Aplikasi Baraya.Net+ / contact center 150678.
Berhak mendapatkan garansi penggantian perangkat dengan jangka waktu selama masa/periode berlangganan dan berlaku setelah Layanan Baraya.Net berstatus aktif. Garansi ini tidak berlaku jika kerusakan pada perangkat terjadi akibat kecelakaan dan/atau kelalaian yang disebabkan oleh Pelanggan.
Wajib melakukan pembayaran atas Layanan Baraya.Net kepada Baraya.Net sesuai ketentuan yang berlaku dalam Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini.
Wajib memberikan data/identitas Pelanggan yang valid dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor ID Pelanggan PT PLN Persero untuk dapat berlangganan Layanan.
Wajib memberikan izin kepada pegawai atau tenaga teknis Baraya.Net untuk memasuki wilayah milik Pelanggan guna melakukan instalasi, aktivasi, konfigurasi, pemeliharaan Layanan dan/atau dismantle (pengambilan Perangkat).
Wajib menjaga Perangkat Baraya.Net dan apabila terjadi kehilangan dan/atau kerusakan Perangkat maka Pelanggan wajib membayar biaya.
PASAL 7 PEMUTUSAN
Apabila setelah tanggal jatuh tempo Pelanggan melalaikan kewajiban membayar biaya berlangganan sebagaimana dimaksud pada Pasal 4 Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini, maka Layanan Baraya.Net akan di-isolir/diputus sementara oleh Baraya.Net dengan pemberitahuan/peringatan kepada Pelanggan.
Apabila dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak pemberitahuan/peringatan kepada Pelanggan sebagaimana diuraikan pada Ayat 1 Pasal ini Pelanggan belum juga melunasi tagihannya, maka akan dilakukan pemutusan Layanan Baraya.Net secara permanen.
Baraya.Net dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sehingga pembatalan atau pemutusan Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini dapat dilakukan oleh salah satu pihak sesuai dengan ketentuan Syarat dan Ketentuan Berlangganan, dan akan sah tanpa menunggu keputusan hakim.
PASAL 8 PENYAMBUNGAN KEMBALI, PERUBAHAN LAYANAN DAN LAYANAN ADD ON
Penyambungan kembali karena pemutusan dapat dilakukan oleh Baraya.Net jika Pelanggan melunasi seluruh tunggakan berikut denda (apabila ada) dengan melampirkan bukti pembayaran kepada Baraya.Net.
Penyambungan kembali karena pencabutan akan diberlakukan sebagai pemasangan baru.
Perubahan Layanan Baraya.Net berupa downgrade dapat diajukan setelah minimal berlangganan selama 3 (tiga) bulan dengan tagihan selama masa berlangganan telah terbayarkan.
Baraya.Net akan melayani permintaan Pelanggan yang diajukan untuk perpindahan dan/atau perubahan sepanjang secara teknis memungkinkan.
Masa berlangganan layanan add on berupa layanan BABARYAPLAY minimal 12 (dua belas) bulan. Apabila Pelanggan melakukan pembatalan layanan add on sebelum masa berlangganan berakhir maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 400.000,- (empat ratus ribu rupiah).
Penambahan atau perubahan layanan add on dapat dilakukan oleh Pelanggan baik melalui aplikasi Baraya.Net, media telepon maupun melalui channel yang disediakan oleh Baraya.Net sesuai kebijakan di lingkungan Baraya.Net.
PASAL 9 KEADAAN KAHAR (FORCE MAJEURE)
Keadaan Kahar (Force Majeure) adalah suatu keadaan yang terjadi di luar kekuasaan para pihak sehingga kewajiban yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan Berlangganan menjadi tidak dapat dipenuhi:
- Peperangan, kerusuhan, revolusi, bencana alam, pemogokan umum, dan kebakaran.
- Bencana alam meliputi: banjir, gempa bumi, badai, gunung meletus, tanah longsor, wabah penyakit, disambar petir, dan angin topan yang dinyatakan resmi oleh instansi terkait yang berwenang.
- Meledaknya gardu listrik, runtuhnya tower dan/atau tiang listrik atau tidak berfungsinya fasilitas yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini yang tidak diduga sebelumnya.
- Kebijakan Pemerintah yang berkaitan langsung dengan Syarat dan Ketentuan Berlangganan.
Keadaan kahar ini tidak termasuk hal-hal yang merugikan yang disebabkan oleh perbuatan atau kelalaian masing-masing pihak.
Masing-masing pihak tidak akan bertanggung jawab dan tidak dapat menuntut ganti rugi kepada pihak lainnya atas kegagalan memenuhi ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian ini apabila kegagalan tersebut disebabkan oleh terjadinya Keadaan Kahar.
PASAL 10 KERAHASIAAN
Masing-masing pihak sepakat untuk menjaga kerahasiaan semua informasi, data, dokumen, dan pengetahuan dalam bentuk apapun yang timbul dan diperoleh dalam pelaksanaan Perjanjian ini ("Informasi Rahasia") dan tidak akan mengungkapkannya kepada pihak ketiga manapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak lainnya, kecuali pengungkapan tersebut dilakukan kepada:
- Instansi pemerintah dan Lembaga Negara yang berwenang sesuai dengan peraturan yang berlaku;
- Konsultan hukum;
- Lembaga keuangan yang tugasnya memerlukan Informasi Rahasia tersebut;
- Afiliasi yang telah menyetujui untuk tidak akan mempublikasikannya kepada pihak ketiga.
Pembatasan tersebut tidak diterapkan atas Informasi Rahasia dalam hal sebagai berikut:
- Informasi Rahasia tersebut telah menjadi publik tanpa pelanggaran pasal ini.
- Informasi Rahasia diperoleh secara sah sebelum pengungkapan.
- Informasi Rahasia diperoleh dari pihak yang berhak untuk mengungkapkannya.
Pembatasan atas Informasi Rahasia tetap berlaku sekalipun Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini berakhir.
PASAL 11 HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Terhadap pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini tunduk pada peraturan dan ketentuan hukum Republik Indonesia.
Jika timbul perselisihan, Baraya.Net dan Pelanggan akan berusaha menyelesaikan secara musyawarah.
Jika musyawarah tidak tercapai, penyelesaian dilakukan melalui BPSK atau Pengadilan Negeri sesuai perundang-undangan yang berlaku.
PASAL 12 LARANGAN-LARANGAN
Pelanggan dilarang menjual, memanfaatkan, atau membagi kembali Layanan Baraya.Net.
Pelanggan dilarang melakukan pemindahan, perubahan, atau penyalahgunaan jaringan dan Layanan Baraya.Net.
Pelanggan tidak diperkenankan menikmati Layanan Baraya.Net selain di alamat Pelanggan.
PASAL 13 KETENTUAN YANG DIPISAHKAN (SEVERABILITY)
Jika ada ketentuan yang dibatalkan oleh hakim atau peraturan yang berlaku, pembatalan tersebut tidak mempengaruhi ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan Berlangganan.
PASAL 14 KETENTUAN LAIN-LAIN
Hal-hal yang belum diatur akan dijelaskan dalam media resmi Baraya.Net.
Pelanggan memahami dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan serta perubahan yang diinformasikan melalui iconnet.id/syaratketentuan.
Pelanggan memberikan informasi valid dan wajib menginformasikan perubahan kepada Baraya.Net.
Pelanggan memberikan izin Baraya.Net untuk memproses data sesuai Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.
Data Pribadi akan disimpan selama diperlukan sesuai regulasi dan tujuan bisnis Baraya.Net.
Data Pelanggan disimpan di pusat data dengan keamanan yang memadai.
Pelanggan setuju untuk dihubungi oleh Baraya.Net terkait penyediaan layanan.
Syarat dan Ketentuan ini berlaku setelah Pelanggan menyetujuinya pada Formulir Permohonan Pelanggan.